Rabu, 13 September 2017

Wisata Paleontologi Bojonegoro



PALEONTOLOGI
    BOJONEGORO


Apa itu Fosil???
Peninggalan atau jejak organisme makhluk hidup yang terwaetkan dan terekam pada bahan-bahan dari kerak bumi dan berumur lebih tua dari Holosen (11.000 tahun) atau biasa disebut juga dengan fosil. Istilah fosil sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “fossa” dimana memiliki peengertian menggali keluar dari dalam tanah”. 


KONDISI GEOLOGI

                LOKASI PENEMUAN FOSIL


Penemuan Fosil Tanduk Rusa Berdasarkan kondisi geologi, kawasan ini  berada pada endapan aluvial yang  berumur kuarter (10,000 tl), dimana  lokasi penemuan fosil berada dekat dengan Sungai Bengawan Solo, yang kondisinya sangat dipengaruhi oleh ketinggian air di Sungai Bengawan Solo. Kondisi sekitar kawasan ini berupa persawahan dan  aliran Sungai.
 
.Penemuan Fosil UdangKawasan ini berada pada Formasi Lidah yang berumur Pliosen Akhir (2.9 jtl) yang tersusun atas litologi batulempung, setempat bersisipan batupasir dan batugamping. Dataran dekat dengan sungai Gandong, dijumpai litologi perselingan antara batupasir gampingan dan napal dengan kedudukan lapisan batuan N 0740E/110. Deskripsi secara megaskopis batupasir gampingan, batuan sedimen klastik, coklat (lapuk), ub 0.062-2 mm, perlapisan, terpilah baik, membundar, kemas terbuka, kalsit.











Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Konten

Diberdayakan oleh Blogger.